free hit counter javascript

Windows 10 Rakus Kuota Internet? Ini 7 Langkah Cerdas Untuk Mengatasinya.

Windows 10 Rakus Kuota Internet? Ini 7 Langkah Cerdas Untuk Mengatasinya.

Beberapa hari kemarin penulis sempat baca keluhan salah satu rekan di medsos yang mengatakan kuotanya jadi boros sejak pakai windows 10. Hanya untuk update artikel di blog saja makan kuota 1 GB katanya. Wow! Itu sih sudah keterlaluan banget. Ternyata di balik kemewahan tampilan dan fiturnya, Windows 10 memiliki beberapa kelemahan yang menyebalkan. Nah, salah satunya soal rakus kuota itu.

Ada 3 penyebab utama kenapa Windows 10 rakus kuota. Pertama, banyak fitur dalam OS tersebut yang demi sinkronisasi harus selalu update setiap harinya. Kedua, banyak fitur dalam Windows 10 yang sangat tergantung kepada internet. Dan ketiga yang paling menjengkelkan, Automatic Update pada Windows 10 tidak mudah dimatikan. Ini sangat berbeda dari Windows 7 ataupun 8 yang mudah dihentikan update-nya. Nah, berikut ini 7 langkah agar Windows 10 kalian berhenti ‘mencuri’ kuota internet.

7 Langkah Agar Windows 10 Tidak Rakus Kuota

Langkah-langkah berikut ini kalian lakukan saja, namun saat ada sambungan internet yang kencang, gratis, kalian harus update semuanya agar Windows kalian tetap aman dan nyaman.

1. Peer-to-Peer Update Harus Dimatikan

P2P update bertujuan agar pengguna Windows di seluruh dunia bisa saling berbagi file update Windows. Juga agar server Microsoft tidak menjadi satu-satunya tujuan untuk update. Namun fitur ini justru membuat kuota internetmu tersedot.

Langkah mematikan P2P update yaitu: mulai dari Start > klik Settings > Updates & Security > Windows Update > Advanced Options > Choose how updates are delivered > matikan Updates from more than one place, yang secara default berada di posisi On.

2. Nyalakan Metered Connection Agar Proses Update Tertunda

Buat kalian yang menggunakan Wi-fi dan Mobile Broadband Networks, buatlah metered conection agar windows tidak memakan kuota secara tersembunyi (background). Dengan membatasi “jatah” kuota untuk sistem, maka aplikasi tidak update sendiri secara otomatis, windows update di-non aktifkan, live tile tak akan real time, background spotlight tidak berganti.

Dengan cara ini maka sistem Windows akan berusaha menghemat kuota internet. Nah, nanti saat kamu lagi longgar kuotanya, atau dapat tempat Wifi gratis, tinggal matikan meterred-nya dan lakukanlah update.

Untuk menghidupkan Metered Connection, bukalah Settings > Navigasi ke status Network & Internet – Status > Change connection properties > scroll ke bawah > lalu pada Metered Connection geser tombol ke On.

3. Non Akttifkan Cloud Based Protection & Sample Submission

Fitur ini berfungsi ngasih tahu ke pihak Microsoft soal keamanan yang menimpa Windows-mu. Sedangan Sample Submission bertugas mengirimkan keberadaan malware. Agar tak menyedot kuota, matikan saja fitur ini. caranya, pergi ke Windows Defender lalu nonaktifkan Cloud Based Protection & Sample Submission.

4. Matikan Sinkronisasi OneDrive

Langkah selanjutnya adalah me-nonaktifkan sinkronisasi OneDrive. Ini dilakukan bagi kalian yang kerjanya tidak tergantung OneDrive.

Caranya: dari ikon OneDrive di pojok kanan bawah, klik kanan > Setting > muncul kotak dialog dengan menu Settings, Account, Auto Save dan About. Pada menu Settings, hilangkan centang pada Start OneDrive automatically when I sign in to Windows.

Di menu Auto Save, pilih This PC Only. Terakhir tekan tombol Ok.

5. Non Aktifkan Sync Settings

Singkronisasi bertujuan agar pengguna tidak perlu repot mengatur perangkat lain. utamanya bila kamu punya lebih sari satu komputer. Caranya mudah, buka Sync your settings lalu geser tombol Sync settings ke non aktif.

6. Non Aktifkan Automatic App Updates

Dalam Windows 10 banyak sekali aplikasi yang pintar memperbarui diri tanpa seizin penggunanya. Makanya tahu-tahu kuotamu jebol mereka gunakan “bersolek”.
Untuk mengehentikan para aplikasi nakal ini, buka Windows Store > Settings > geser tombol Update Apps Automatically ke arah off.

7. Non Aktifkan Automatic Update Windows 10

Cara ini akan mematikan update otomatis Windows 10. Ada banyak cara mematikan automatic update Windows 10. Salah satunya yang bisa membuat mati total adalah dari Services > cari Windows Update > Klik kanan > Properties.

Selanjutnya matikan dengan memilih Stop Windows Update Services, dan di opsi Startup Type ubahlah menjadi Disabled.

Oke, itulah 7 langkah yang harus kamu lakukan agar kuota internetmu tidak jebol digunakan ‘bersolek’ oleh Windows 10 tanpa izinmu. Semoga nggak kecolongan lagi ya. Untuk mematikan automatic windows update akan saya bahas lebih lengkap lain kali.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar

    nahh ini solusinya, dulu saya install windows 10 karena boros kuota saya downgrade ke windows 7 wkwkwk