Tips Agar Supaya Kamu Bisa Betah Hidup di Perantauan Jauh dari Orang tua

Tips Agar Supaya Kamu Bisa Betah Hidup di Perantauan Jauh dari Orang tua

Saat pertama kali kamu memutuskan untuk merantau ke luar kota, yang jauh dari kedua orang tua. Perasan cemas pasti datang menghampiri. Beberapa hari saja hidup di perantauan, kamu pasti punya perasaan bawahnya ingin pulang ke kampung halaman.

Hal ini wajar sih. Teori psikologi menyebutnya sebagai “culture shock” atau geger budaya. Biasanya culture shock ini akan hilang setelah beberapa bulan. Namun bagi kamu para mahasiswa, ataupun para pekerja yang bawaannya terasa tak betah, dan ingin selalu pulang ke kampung halaman. Ada baiknya kamu mengikuti sejumlah tips berikut. Tujuanya supaya kamu bisa nyaman hidup di lingkungan yang baru.

Cari Teman Baru

Perasaan ingin pulang ke rumah barangkali di timbulkan karena kamu tak punya teman di kota orang. Inilah yang membuatmu terasa kesepian yang bawaannya ingin pulang ke kampung halaman.

Nah, untuk mengatasinya carilah teman-teman baru di perantauan dengan mengikuti komunitas, atau organisasi yang ada di kota perantuanmu. Di komunitas ataupun organisasilah kamu bisa mendapatkan teman terbaik yang bisa membuatmu tak akan kesepian lagi.

Berwisatalah Keliling Kota

Penyebab kamu ingin pulang kampung melulu barangkali karena kamu tak bisa “move on” dari tempat-tempat indah di kampung halaman yang biasa kamu tongkrongi.

Nah untuk mengatasi hal ini. Carilah wisata, atau tongkrongan yang nyaman di kota perantuan. Setelah ketemu coba datangilah, dan rasakan keindahannya. Kunjungan ke tempat wisata ini supaya kamu bisa lebih mencintai, kota perantuan yang baru. Setelah kamu mencintai kota perantuan, kamu pasti akan terasa berat hati saat akan meninggalkannya.

Ikutlah Kerja Bakti

Di kota perantuan supaya bisa betah. Kamu perlu sekali berbaur dengan warga sekitar. Supaya bisa berbaur dengan warga sekitar banyak sekali caranya. Salah satunya bisa ikut kerja bakti setiap hari libur datang.

Kerja bakti selain akan memperkuat tali persaudaraan. Kamu juga akan mengenal teman-teman baru. Jika mereka terkesan dengan ketulusanmu dalam kerja bakti. Bukan tak mungkin kalau mereka akan menjadikanmu sebagai teman dekat. Jika sudah menjadi teman dekat, tak jarang ia bersedia mentraktirku makan, atau sekedar mengajak jalan-jalan. Dengan demikian kepenatanmu hidup di perantauan bisa jadi akan hilang.

Ciri Pacar di Kota Perantuan

Nah cara terakhir ini yang paling jitu. Orang kalau sudah diliputi perasaan cinta. Maka akan lupa segalanya, termasuk lupa dengan kampung halaman.

Segeralah cari pacar di perantuan agar kamu tak memikirkan yang di rumah terus. Carilah pacar yang baik-baik saja, yang bisa membuat kamu bisa lebih berkembang hidup di perantauan. Sukur-sukur pacar yang dicari anaknya seorang jendral. Lumayan kan, kalau siapa tahu nanti ia bakalan menjadi jodohmu.

COMMENTS