Kamu Susah Bangun Pagi? Lakukan 3 Tips Ini!

Kamu Susah Bangun Pagi? Lakukan 3 Tips Ini!

Apakah kamu susah bangun pagi? Atau memang sudah biasa? Biasa dimarahi guru karena telat datang ke sekolah? Biasa dimarahi bos karena telat datang ke kantor? Well, kamu harus baca ini sampai selesai.

Bangun pagi memang sudah menjadi kebiasaan bagi mereka orang muslim khususnya, karena harus melaksanakan kewajibanya, yaitu shalat Subuh. Tapi faktanya masih banyak orang yang susah bangung pagi. Bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi mereka.

Namun, bagi sebagian orang bangun pagi merupakan suatu hal yang mudah. Tidak perlu minta dibangunkan, tidak perlu memasang alarm, tapi mereka bisa bangun pagi, bahkan sebelum matahari terbit.

Sebagian besar orang yang masih susah bangun pagi. Mereka semua sebenarnya ingin bisa bangun pagi juga, berangkat sekolah tepat waktu, bekerja dengan produktif. Sehingga pekerjaan di rumah juga bisa dikerjakan tanpa menguras waktu.

Ayo rebut kembali pagimu tanpa harus mengorbankan jadwal istirahat yang kamu butuhkan. Berikut ini tips yang harus kamu lakukan, agar kamu bisa bangun pagi :

Atur Jadwal Tidur

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu atur atau rencanakan kapan kamu harus bangun pagi. Segala sesuatu yang direncanakan pasti akan tersusun rapi. Termasuk waktu tidur sekalipun.

Waktu tidur disaat malam sangat berpengaruh pada hormon melatonin, yang mana bertanggung jawab pada tubuh untuk tidur dan bangun Melatonin merupakan hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal, sebuah kelenjar kecil di otak. Melatonin membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun kamu.

Melatonin dalam jumlah sangat kecil ditemukan dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Jika kamu tidur di waktu yang teratur, beberapa jam sebelum tidur, hormon ini akan berkurang hingga menjelang pagi.

Jika kamu tidur larut malam, misal jam satu atau lebih, maka hormon pada tubuh akan kacau. Meskipun bangun tidur siang sekalipun. Karena hormon pada tubuh akan berkurang, hal itu yang menyebabkan kamu pusing dan cepat lelah.

Pasang Alarm Dengan Volume Kencang

Bagi kamu yang susah bangun pagi, usahakan pasang alarm dengan volume keras atau full. Jangan hanya satu tapi lebih. Untuk mengatasi alarm pertama tidak bangun. Jika cara ini tetap gagal, kamu harus lakukan cara yang ketiga.

Minta Bantuan Orang Lain

Jika cara ditas tidak mampu membuatmu terbangun pagi, kamu bisa minta tolong orang untuk membangunkan. Misalnya kalau lagi di rumah, minta tolong orangtua untuk bangunin. Kalau di kost-kostan bisa minta tolong teman kostnya.

Baca Juga : Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Itulah tips yang harus kamu lakukan untuk bisa bangun pagi. Baiknya bagi siapa saja hindari tidur larut malam. Usahakan tidur tepat waktu. Sekalipun masih banyak pekerjaan. Lebih baik dikerjakan dipagi hari setelah bangung. Karena itu akan membuat tubuhnya lebih segar.

COMMENTS