Kamu Sering Tidur di Atas Jam 12 Malam? Inilah Akibatnya!

Kamu Sering Tidur di Atas Jam 12 Malam? Inilah Akibatnya!

Tidur merupakan suatu keadaan bawah sadar dimana seseorang masih dapat dibangunkan dengan pemberian rangsang sensotik atau dengan rangsang lainnya. (Guyton & Hall, 1997).

Tidur itu sudah menjadi kewajiban bagi setiap orang, jika tidak tidur malam maka kesehatan tubuh akan terganggu dan pada akhirnya akan mengakibatkan sakit. Sekalipun pekerja, jangan sampai mengurangi jatah tidur atau bahkan terlambat untuk beristirahat. Jangan sampai bergadang, sebab jika kamu tidur diatas jam 12 malam, ada banyak resiko kesehatan yang akan mengancam tubuh. Berikut ulasannya.

Dengan kebiasaan tidur malam diatas jam 12 malam, maka kamu akan menderita insomnia berkepanjangan. Jika sudah kebiasaan maka itu hal yang tidak baik, badan akan berakibat lemas karena tidak terpenuhi jatah tidur. Idealnya tidur itu tujuh sampai delapan jam per hari.

Sistem imun pada tubuh juga akan terganggu. Sehubungan dengan jam biologis tubuh juga akan berperan dalam membentuk sistem imun. Kinerja otak juga akan ikut terhambat mengenai masalah ini. Kebiasaan tidur malam diatas jam 12 malam akhirnya membuat bisa menurunkan sistem imum.

Sehingga akan beresiko tinggi terkena banyak penyakit, gak cuma penyakit ringan bahkan bisa sampai penyakit mematikan. Salah satunya yaitu dapat menyebabkan penyakit kanker, bahkan dengan tidur enam jam ataukurang dari itu dalam semalam dapat meningkatkan resiko penyakit kanker.

Hal ini sudah dibuktikan oleh para ahli dari Jepang. Menurut peneliti, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh akan berkurang jumlahnya jika jadwal tidur tidak sesuai aturannya, atau dikurangi.

Selain itu disaat kamu mengurangi jatah tidur atau istirahat malam kamu, secara tidak langsung kamu juga akan memangkas jatah istirahat di siang hari. Akibatnya jika kamu seorang pekerja, akan ngantuk di kantor. Jika kamu mahasiswa akan ngantuk dikelas. Bisa saja dimarahi dosen, tidak konsennya menerima materi yang telah disampaikan dan yang lainnya.

Apalagi kamu yang sering mengendarai kendaraan, kurangnya tidur akan mengakibatkan kecelakaan. Mata terasa berat, dan terlihat merah. Rasanya ingin memejamkan mata terus. Jam biologis tubuh juga akan rusak, selera makan, suasa hati pun demikian. Jika hal ini terus anda lakukan, tidur di atas jam 12 malam terus, kamu akan merasakan sulitnya membagi jadwal tugas dan keseharian.

Bahkan dengan seringnya begadang, memicu kita untuk ngemil, padahal kebiasaan makan malam itu kurang baik bagi kesehatan, akibat yang terjadi bisa pada peningkatan berat badan naik bahkan bisa sampai obesitas.

Selain itu kurangnya tidur dapat meningkatkan resiko kardiovaskular. Itu artinya jangan dibiasakan tidur diatas jam 12 malam terus. Lebih baik tidur awal, bangun juga lebih awal.

Waktu bangung awal itu, bisa kamu manfaatkan untuk hal yang bermanfaat. Misalnya saja memanfaatkannya dengan cara membaca, belajar dan lain sebagainya tergantung kemauanmu.

Baca JugaMari Kenali Sejak Dini Bahayanya Akibat Kurang Tidur

Itulah berbagai akibat jika kamu suka tidur diatas jam 12 malam. Tidak ingin mengalaminya bukan? Baiknya kurangi jadwal begadangmu demi kesehatan tubuhmu. Semoga bermanfaat.

COMMENTS