Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Lho Penyebabnya!

Sering Bangun Kesiangan? Bisa Jadi Ini Lho Penyebabnya!

Apakah Anda merupakan salah satu tipikal orang yang sering bangun kesiangan? Bahkan meskipun Anda selalu berusaha untuk bisa bangun pagi namun hal tersebut seakan sangat sulit untuk dilakukan. Pernahkah Anda bertanya-tanya dalam diri sendiri mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Memang benar bahwa pola tidur akan sangat mempengaruhi. Salah satu fakta yang harus dipahami adalah, hal tersebut bukanlah semata-mata karena Anda tidur terlambat. Namun ada sejumlah faktor lain yang akan membuat Anda menyadari kenapa anda sering bangun kesiangan. Apa saja penyebab Anda tidak bisa bangun bagi? Berikut beberapa ulasannya.

1. Makan Tidak Teratur

Tidur dan bangun sebenarnya sangat diatur oleh jam biologis tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan makan tepat waktu dan tidur yang tepat waktu, maka tubuh akan dapat dengan mudah mempertahankan siklus tidurnya. Sebaliknya, jika makan Anda tidak teratur maka siklus tidur pun akan menjadi terganggu.

Tidur dengan waktu yang berbeda-beda setiap harinya akan membuat siklus tidur menjadi terganggu. Itulah salah satu alasan yang membuat Anda bangun kesiangan dan yang lebih parahnya lagi, ketika bangun badan Anda akan terasa lelah.

2. Cahaya

Pada saat Anda tidur, mata Anda akan terasa ringan, tubuh Anda akan memperlambat produksi-produksi melatonin. Itu merupakan sebuah hormon yang membantu Anda tertidur.

Namun, jika Anda terbiasa menyalakan TV sebelum tidur maka Anda mungkin memerlukan waktu lebih untuk tidur. Selain itu cahaya dari layar TV, laptop, smartphone dan lampu kamar dapat merusak waktu tidur sehingga akan membuat Anda telat bangun.

3. Jarang Melakukan Sarapan

Fakta menarik yang harus benar-benar anda perhatikan adalah, kebiasaan jarang melakukan sarapan juga akan mempengaruhi Anda mengapa sering bangun kesiangan. Pasalnya, jika Anda tidak sarapan, maka tubuh Anda mungkin melepaskan hormon stres kortisol. Selain itu, sarapan akan memungkinkan tubuh untuk memperoleh semangat lebih besar untuk memulai hari.

4. Kebiasaan Nyemil Sebelum Tidur

Mengkonsumsi makanan bertepung dan permen atau makanan yang manis-manis sesaat sebelum tidur adalah pola kebiasaan yang buruk. Jangan pernah melakukan tersebut, atau hentikan kebiasaan tersebut jika itu telah terjadi pada Anda.

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kortisol juga. Kentang, permen, kue, atau pizza tidak boleh dimakan saat malam karena dapat memicu naiknya berat badan.

5. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Jika Anda mandi dengan menggunkan air hangat sebelum Anda pergi tidur tentunya hal tersebut sangat tidak disarankan. Hal tersebut disebabkan karena pada umumnya suhu tubuh Anda akan turun pada malam hari untuk memudahkan tidur.

Sehingga mandi dengan air hangat bisa berdampak pada suhu tubuh yang menjadi naik. Hal ini berakibat Anda akan menjadi susah tidur dan bangun kesiangan pada keesokan harinya.

Baca Juga : Kenali Sejak Dini Bahayanya Akibat Kurang Tidur

COMMENTS