free hit counter javascript

6 Pantai Terindah di Gunungkidul Yogyakarta Yang Harus Kamu Datangi

6 Pantai Terindah di Gunungkidul Yogyakarta Yang Harus Kamu Datangi

Gunungkidul Yogyakarta memang terkenal dengan pantainya, saking terkenalnya gak cuma satu atau dua saja terdapat pantai disana. Melainkan banyak. Kalau kamu pernah ke pantai Gunungkidul pasti tahu pantai-pantai yang ada di Gunungkidul.

Karena banyak, jadi perlu waktu juga untuk kamu bisa menjelajahi semua pantainya. Dari setiap pantai di Gunungkidul memiliki keistimewaan yang berbeda-beda baik dari segi fasilitasnya maupun pemandangannya. Berikut ini adalah 6 pantai yang terindah di Gunung kidul:

1. Pantai Baron

Pantai Baron ini bisa disebut juga dengan gerbang pertama untuk menuju pantai-pantai yang ada di daerah Gunungkidul, karena selain mudah dicari. Pantai baron inilah yang letaknya paling dekat dengan kota Yogyakarta.

Di pantai ini kamu bisa berenang dengan puas, bermain pasir dan air sesuka hati. Tapi perlu kamu ingat juga, jangan sampai melebihi batas berenang. Selain pemandangan di pantai ini cantik, ombaknya juga cukup besar dan berbahaya. Makannya jangan sampai melewati batas berenang yang sudah ditentukan. Bebas boleh tapi harus tahu aturan juga ya.

Setelah berenang kamu juga bisa mencicipi masakan lautnya. Hal ini yang sering dilakukan para wisatan yang datang, baik lokal ataupun mancanegara. Masalah fasilitas di pantai ini kamu tidak perlu khawatir, karena fasilitasnya cukup lengkap.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti mempunyati bebatuan karang yang sangat kokoh di sebelah barat pantainya. Di sebelah timurnya terdapat bukit tinggi dengan jalan setapak, para pengunjung bisa jalan melalui jalan tersebut.

Bukit tersebut bernama Bukit Karang, para wisatawan bisa melihat keindahan pantai indrayanti dari atas tebing. Tak sedikit juga orang yang mengabadikan foto dari atas tebing. Banyak orang yang rela menunggu waktu sore hanya untuk melihat sunset indah di sebelah barat pantai ini. Pantai Indrayanti berada di daerah Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Poktunggal

Pantai Poktunggal ini terdapat barisan tebing tinggi yang menjulang sekitar 50 meter. Selain jadi pemandangan yang indah, tebing tersebut juga sering digunakan untuk olah raga panjat tebing.

Tidak hanya itu, di pantai poktunggal ini ada juga yang unik, yaitu terdapatnya mata air tawar yang kemungkinan besar bersumber dari aliran sungai bawah tanah. Hal ini dimanfaatkan oleh pemilik warung di sekitar pantai. Biasanya digunakan untuk keperluan mandi. Pantai poktunggal berada di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta.

4. Pantai Siung

Pantai Siung ini memiliki keunikan tersendiri. Disekitar bibir pantai siung ini yang berkarang, jika kalian perhatikan maka terlihat cukup eksotis nan indah. Sayangnya di pantai ini kamu tidak bisa berenang.

Jangan khawatir, sebagai gantinya kamu masih bisa berenang di genangan yang mirip dengan kolam renang di bibir pantai. Jika tak ingin berenang, kamu masih bisa melakukan kegiatan yang lainnya. Misalnya kamu ajak keluarga untuk sekedar makan bersama di pantai ini.

Tentu bisa, jangan lupa juga bawa tikar untuk duduk. Nanti kamu bisa naik ke tebing yang ada di sekitar pantai siung ini. Pemandangan dari atas tebing akan terlihat lebih indah. Pantai ini berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran terdapat bangunan Joglo yang merupakan sebuah tempat peribadatan aliran Kejawan, masjid peribadatan umat Muslim, dan pura tempat peribadatan pemeluk agama Hindu. Tempat tersebut terletak diatas bukit sebelah barat. Uniknya, masjid di sekitar pantai ngobaran ini terletak mengarah ke arah selatan, dari situ bisa melihat langsung keindahan laut.

Selain itu, di pantai ngobaran ini terdapat sebuah candi yang digunakan untuk pemujaan yang tidak boleh dimasuki orang. Tetapi para wisatawan dapat mengabadikannya dengan cara foto. Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta.

6. Pantai Drini

Pantai Drini ini terbilang masih asri nan alami. Terasa aman dan nyaman, itulah hal pertama yang akan kamu rasakan jika pergi ke pantai drini. Lebih asik mengajak sahabat ataupun keluarga untuk berlibur di pantai ini. Pasalnya keindahan pantai ini wajib kamu abadikan dengan orang terdekatmu, terlebih di pantai ini memiliki pasir putih yang indah.

Di pantai ini juga fasilitasnya cukup lengkap. Jika kamu ingin datang ke pantai ini, bisa langsung ke Tepus, Gunungkidul Yogyakarta. Kalau kamu berangkat dari kota Yogyakarta kurang lebih harus melewati jarak 65 km.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Di Jogja Dengan Budget Murah

Itulah beberapa nama pantai di Gunungkidul Yogyakarta. Semoga menambah destinasi wisata kamu saat pergi ke Yogyakarta. Jangan lupa share jika menurut kamu informasi ini bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0