Manfaat Daun Kelor Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Manfaat Daun Kelor Untuk Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Sebagian besar orang mungkin tidak banyak yang mengetahui akan manfaat daun kelor. Sayuran Asli Indonesia ini ternyata memiliki kandungan yang baik layaknya tanaman apotik hidup. Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Daun kelor memiliki bentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, dan daunnya biasanya dimasak sebagai sayur.

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, ya, memang benar bahwa daun kelor memiliki daun yang kecil. Walau ukurannya daunnya yang kecil, daun kelor ternyata memiliki berbagai macam manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, sejumlah ilmuan telah menyebut daun kelor sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Pada dasarnya, pada tanaman herbal satu ini tersimpan berbagai macam senyawa yang baik dalam memberi nutrisi bagi tubuh kita. Sebagai contoh, teh yang dibuat dengan bahan dasar daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, kandungan polyphenol tersebut akan bekerja sebagai antioksidan.

Daun kelor mengandung 3 kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, 25 kali zat besi dari pada bayam, 7 kali vitamin C jeruk, 4 kali kalsium susu, serta 3 kali protein lebih tinggi daripada yoghurt.

Manfaat Daun Kelor Dalam Mengobati Penyakit

1. Mengobati Penyakit Diabetes

Salah satu manfaat daun kelor yakni bisa mengobati diabetes. Daun kelor bisa mengurangi kadar gula dalam darah serta dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengobati penderita penyakit diabetes.

2. Pencegahan Penyakit Jantung

Berdasarkan data dari sebuah studi “Journal of Medicinal Food” mengungkapkan bahwa daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung serta memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama kurun waktu 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung terlindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti telah menyimpulkan bahwasannya daun kelor dapat menawarkan manfaat yang cukup signifikan bagi kesehatan jantung.

3. Sebagai Antioksidan dan Senyawa Anti-inflamasi

Laporan sebuah studi yang diterbitkan pada “Asia Pacific Journal of Cancer Prevention“, daun kelor mengandung campuran asam amino esensial, antioksidan seperti quercetin, fitonutrien karotenoid dan senyawa antibakteri alami yang memiliki fungsi layaknya obat anti-inflamasi.

Daun kelor juga memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat ini menjadi semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat, senyawa tersebut perperan aktif dalam penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor penuaan.

4. Anti Kanker

Sebuah Jurnal “Food and Chemical Toxicology” telah mempublikasikan manfaat anti kanker pada ekstrak daun kelor. Ekstrak kelor dapat mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker serta mendukung kematian sel dini. Peneliti dalam publikasi jurnal tersebut menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

5. Pencegahan Pembengkakan dan Kekakuan Pada Sendi (Arthritis) 

Daun kelor ternyata juga dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, Berdasarkan sebuah Jurnal dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.” Dalam studi yang dilakukan pada hewan di laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor dapat mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang cukup menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki efek sinergis dalam mengurangi rasa sakit.

Manfaat daun kelor memang sangat populer di dalam negeri maupun secara internasional. Beragam penyakit dapat diobati dengan daun dari tumbuhan ajaib ini. Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, daun kelor tentunya juga sangat baik sebagai konsumsi sehari-hari.

Selain itu, daun kelor yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari beragam serangan virus sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

COMMENTS