Apa Saja Sih Kelebihan Buah Sirsak Jika Dijadikan Jus? Berikut Manfaatnya!

Apa Saja Sih Kelebihan Buah Sirsak Jika Dijadikan Jus? Berikut Manfaatnya!

Buah sirsak biasa disebut nangka Belanda, atau Durian Belanda. Buah ini merupakan salah satu buah yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah sirsak memiliki nama latin Anona Muricata Linn. Buah ini juga masih kerabat dekatnya buah srikaya (Anona Squamosa Linn).

Buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang populer dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan. Buah sirsak memiliki 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 4 persen inti buah, dan 8m5 persen biji buahnya.

Buah yang mengandung vitamin C ini, kurang lebih sekitar 20 mg per 100 gram. Sedangkan  kebutuhan vitamin C per orang per hari yaitu 60 mg, dan bisa dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak ini. Selain itu buah ini juga enak jika dijadikan jus, seperti buah yang lainnnya juga memiliki manfaat banyak. Berikut uraiannya!

1. Bisa Meningkatkan Stamina

Dengan mengkonsumsi jus buah sirsak bisa meningkatkan stamina pada tubuh. Pasalnya kandungan fruktosa dalam sirsak sendiri memiliki khasiat untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Sehingga otak dapat berfungsi dan bekerja dengan baik.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

Buah bervitamin C ini berperan aktif sebagai antioksidan tinggi. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Menimum jus buah sirsak dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, karena buah sirsak sendiri mengandung kalsium dan fosfor yang berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi gigi dan tulang. Dengan catatan, diminum secara teratur dan rutin.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat ketika minum jus buah ini akan larut dalam tubuh. Sehingga sangat berkhasiat melancarkan saluran pencernaan. Termasuk menceah terjadinya susah buang air besar ataupun kecil.

5. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Terbukti dengan adanya zat seperti niacin dalam buah sirsak. Hal ini apat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik. Bahkan bisa mencegah penumpukan kadar kolesterol pada dinding pembuluh darah.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan asam folat yang ada dalam buah sirsak sudah terbukti berkhasiat dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh otak kita, sehingga otak dapat bekerja lebih baik.

7. Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker

Untuk menjaga kesehatan tentu nggak harus disaat penyakit itu datang. Baiknya lebih baik menjaga sebelum penyakit itu datang. Salah satunya, dengan mengkonsumsi buah sirsak ini, terutama dibuat jus dapat mencegah terjadinya kanker.

Karena kandungan antioksida yang terdapat pada jus sirsak ini dapat berkhasiat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Tidak hanya itu saja, jus sirsak juga mengandung banyak zat-zat penting seperti fitokimia. Fitokimia merupakan zat yang memiliki sifat anti kanker. Sangat bagus untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Baca Juga :  5 Manfaat Yang Akan Kamu Dapat Dari Buah Pisang

Itulah manfaat dari mengkonsumsi jus buah sirsak. Selain mudah dicari, ternyata dengan mengkonsumsi buah ini sangat banyak manfaatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

COMMENTS