Langkah Jitu Berikut, Membuat Anak Aman dalam Bermain Gadget

Langkah Jitu Berikut, Membuat Anak Aman dalam Bermain Gadget

Di jaman now”, atau di zaman dimana para generasi milenial di jejali dengan berbagai macam arus teknologi digital. Mau tak mau anak-anak tak bisa lepas dari pengaruh teknologi yang selalu membelitnya dari mulai bangun pagi, hingga menjelang tidurnya. oleh karenanya peran orang tua untuk menjaga anak bermain gadget itu sangan penting.

Karena anak-anak zaman sekarang tak bisa lepas dari penggunaan teknologi digital, inilah mengapa banyak anak-anak berusia kurang dari 6 tahun sudah diberikan gadget oleh kedua orang tuanya.

Pemberian gadget pada anak seusia itu sebetulnya baik-baik saja. Terutama sebagai sarana belajar, tumbuh kembangnya anak dalam merespon pembelajaran yang lebih interaktif melalui gadget.

Tetapi jika anak seusia tersebut diberikan gadget begitu saja, tanpa pengawasan yang jeli dari orang tua. Bukanya manfaat yang di dapat. Tapi malah mendapat kerugian nyata dari aktivitas bermain gadget yang dilakukan sang anak.

Untuk itu, para orang tua sebelumnya perlu melakukan beberapa tindakan berikut. Tujuanya tak lain agar gadget yang di operasikan anak bebas dari hal-hal negatif. Berikut hipmee paparkan.

1. Matikanlah Akses Internet

Anak berusia di bawah 6 tahun saya kira belum saatnya mengoperasikan internet. Lagian menyalakan internet pada gadget yang di operasikan oleh anak-anak cukup riskan.

Anak-anak bisa saja, secara tidak sadar jari-jemarinya menuliskan kata “sex” di perambah gadget nya. Jika demikian yang dilakukan.

Anak-anak bisa saja terinspirasi melakukan tindakan yang tidak senonoh seperti yang ada pada internet. Untuk itu mematikan koneksi internet sangat diperlukan.

2. Pasanglah Aplikasi Pengintai

Lewat sistem operasi android yang menyajikan pengembangan secara open source. Memasang aplikasi pengintai sangatlah memungkinkan. Dengan sedikit melakukan rooting, dan melakukan penginstalan aplikasi pengintai di gadget anak-anak.

Kita bisa dengan mudahnya mengetahui aktivitas apa saja yang dilakukan anak-anak terhadap gadgetnya. Metode pengawasan ini sangat cocok diterapkan, manakala orang tua sedang bekerja, atau sedang jauh dari anak.

3. Batasilah Penggunaan Gadget

Bagaikan narkoba, gadget bisa juga membuat anak-anak menjadi candu. Lewat game-gane yang dapat menghipnotis mata. Sering kali anak-anak menjadi malas ketika mengerjakan PR, lebih parah lagi malas makan.

Untuk itu pembatasan gadget ini perlu. “Anak-anak juga butuh bergaul pada dunia nyata, agar kecerdasan psikomotorik anak bisa berkembang. Demikian seperti dikutip dalam buku Mengenal Permainan Tradisional, Fety Marhayuni.

4. Instalah Aplikasi, atau Game yang Mendukung Pembelajaran

Sampai saat ini, game-game, maupun aplikasi yang memuat konten edukasi sudah banyak sekali bermunculan. Baik di play store milik android, maupun di apps store miliknya Ios. Game bermuatan edukasi contohnya Tebak Gambar, Quis, Cerdas Cermat, dan masih banyak lagi.

Installah game, maupun aplikasi yang mengandung nilai edukasi. Tindakan ini penting dilakukan supaya ketika anak bosan diajak belajar menggunakan metode teks book. Para orang tua bisa memberikan variasi pembelajaran lain melalui gadget

COMMENTS