Kurangi Hobimu Main Game, Kalau Bisa Hentikan. Ini 6 Alasannya

Kurangi Hobimu Main Game, Kalau Bisa Hentikan. Ini 6 Alasannya

Trend anak zaman sekarang, mainnya ke warnet atau ke cafe yang ada Wifi gratis. Kadang berburu gratisan hingga nempel gedung-gedung sekolah ataupun hotel. Apa kegiatannya? Main game online! Oke, Guys. Itu soal hobi pribadi. Tapi saya punya saran yang sebaiknya kamu resapi. Kebiasaan larut bermain game online itu harus dihentikan, paling tidak dikurangi. Alasannya? Simak, ini 6 alasan kamu harus berhenti main game.

1. Jadi Kurang Sosialnya

Kebiasaan dan hobi menghadap layar monitor dan fokus tertuju ke permainana akan membuatmu jadi anti sosial. Artinya banyak waktu yang kamu pakai untuk bermain akhirnya mengabaikan interaksi dengan sesama. Baik keluarga, teman, maupun saudara. Bahkan tugas dan kewajibanmu bisa terabaikan.

6-Alasan-harus-berhenti-main-gameKan sesama gamers bisa saling berteman dan berinteraksi sosial? Ya benar. Tapi interaksi macam apa yang kalian miliki? Kumpul bareng di kafe dan warung, di tempat-tempat umum yang ada fasilitas Wifi gratis, tapi nggak ngumpul. Masing-masing sibuk menghadap layar smartphone-nya.

2. Kebanyakan Main Game Jadi Pemalas

Kalau kamu main game sudah pakai laptop sendiri, punya koneksi sendiri alias nebeng orang tua, maka biasanya akan cenderung malas keluar. Sibuk di kamar saja.

Kalau tempat main game online di warnet, maka mainmu ya hanya ke warnet langganan saja. Karena keasyikan, rasa malas melakukan berbagai kewajiban pun menyerang. Mulai malas makan, bahkan lupa ibadah.

3. Membuang Waktu dan Uang, Jadi Pemborosan, Tugas pun Terabaikan

Berapa waktu yang kamu habiskan buat main game? Satu jam mana cukup? Bagi maniak game, waktu yang digunakan untuk menikmati permainan rasanya nggak cukup 1 atau 2 jam. Bahkan ada yang hingga 12 jam lebih.
Tetapi ada main game yang menghasilkan uang kan? Teliti lagi berapa penghasilanmu dari main game. Benarkah seimbang dengan biaya ataupun kuota yang dikeluarkan. Lalu perdalam lagi halalkah hasil dari main game itu?
Kecuali kalian adalah gamers yang kreatif menjadi youtubers. Namun tentunya untuk menjadi gamer youtuber yang berpenghasilan besar, kalian tak akan bisa kalau terjebak sebagai penikmat game dan lupa urusan youtube-nya.

4. Ketagihan Akan Membuatmu Melakukan Apa Saja

Berawal dari coba-coba, suka, akhirnya akan menjadi ketagihan. Kalau sudah ketagihan sangat sulit lo untuk menghilangkan kebiasaan main game baik online ataupun offline. Soalnya sekarang game bisa diakses di mana saja.

5. Terlalu Lama Meghadap Layar Berpotensi Merusak Mata

Ketika menghadap layar monitor komputer dan bermain, maka mata kita akan fokus. Jika saat normal rata-rata mata akan berkedip 18 kali per menit, maka ketika main game, kita akan lupa dengan berkedip. Akibatnya mata aka nmudah kering, gatal-gatal, dan iritasi.

Layar smartphone meskipun lebih kecil namun juga bukan jaminan lebih aman. Jadi hati-hatilah saat bermain game dengan smartphone maupun laptop.

6. Terlalu Tergantung Dengan Dunia Internet, Lupa Kehidupan di Dunia Nyata

Memang dunia internet itu luas, namun ada yang lebih nyata. Yaitu kehidupan di sekitar kita. Ketika kecanduan game online, saat jenuh kalian hanya akan buka Facebook dan media lainnya untuk sekedar bersosial. Malah sekarang sambil Facebook-an kalian juga bisa main game. Nah, interaksi internet ini meskipun ada namun tidak di hadapan kita.

Maka pantas ada yang menyebutnya dunia maya. Meskipun juga kurang tepat karena apa yang di internet itu adalah nyata. Yang pasti interaksi dengan yang jauh dan terlenakan dari yang dekat akan membuat kalian jadi seperti penghayal kelas berat.

Jadi, itulah 6 alasan kenapa sebaiknya kamu berhenti atau kurangi hobimu main game, baik offline maupun online. Masih banyak yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan indahnya masa depan ketimbang berkhayal dengna karakter impian di dunia game.

 

COMMENTS