Kamu Punya Penyakit Jantung? Cobain Dua Buah Ini! Berikut Ulasannya

Kamu Punya Penyakit Jantung? Cobain Dua Buah Ini! Berikut Ulasannya

Penyakit jantung atau istilah medisnya biasa disebut penyekit jantung koroner. Penyakit ini merupakan dimana kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan. Tumpukan kolesterol pada pembuluh darah serta proses peradangan diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Banyak pemicu dari penyakit itu, bisa terjadi karena rokok, tekanan darah tinggi, dan kolestrol yang tinggi. Pada dasarnya penykit ini bisa sembuh dengan berbagai hal, bisa juga dengan berhenti merokok bagi para pecandu rokok. Seringnya mengontrol gula darah. Menjaga berat badan yang sehat, serta mengurangi minuman keras.

Namun, perlu kamu tahu juga. Dengan mengkonsumsi buah-buahan juga dapat mencegah terjadinya penurunan penyakit jantung. Ya, buah pisang dan alpukat. Tentu kamu tak asing lagi dengan kedua buah ini. Berikut ulasannya, kenapa buah pisang dan alpukat dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah styudi yang dipublikasikan dalam jurnal JCI Insight. Para peneliti ini menjadikan seekor hewat tikus sebagai subjek percobaannya.

Seekor tikus diberi makanan yang kaya potasium, sehingga akan berkurang resiko kalsifikasi vaskularnya. Hal ini terjadi bila kalsium terbentuk dan menumpul pada jaringan tubuh, pembuluh darah. Penumpukan ini bisa bisa mengganggu proses kerja pada tubuh, karena penumpukan tersebut akan mengeras dan bisa memengaruhi kerja jantung.

Seain itu buah alpukat juga dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan asam folat dalam buah ini dapat menjaga jantung tetap sehat. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian, seseorang melakukan diet kaya aplpukat mengalami penurunan kadar LDL dan kolestrol total yang signigikat. Dengan cara bersamaan kadar HDL juga mengalami peningkatan.

Dengan meningkatnya HDL dapat menjaga jantung tetap sehat dan terbebas dari timbunan plak pembuluh darah. Selin dapat menjaga kesehatan jantung, dengan mengkonsumsi buah ini juga dapat mencegah penyakit jantung.

Hal ini dibuktikan secara medis melalui penelitian yang dilakukan oleh Grundy (1987) mengenai terapi diet yang berbeda terhadap penurunan resiko penyakit jantung.

Grundy membagi perlakuan menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok pertama mendapatkan terapi dengan diet asam lemak tak jenuh tunggal, kelompok kedua mendapat terapi tinggi asam lemak tak jenuh ganda, dan kelompok ketiga mendapat terapi rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks.

Hasil penelitiannya membuktikan ketiga metore tersebut dapat mengurangi kadar LDL. Namun hanya kelompok terapi dengan diet asam lemak tak jenuh tunggal saja yang terjadi peningkatan kadar High Density Lipoprotein (HDL). Jenis asam lemak ini berperan sebagai “lemak baik”. Sebaliknya, diet tinggi asam lemak tak jenuh ganda atau diet rendak lemak dan tinggi karbohidrat kompleks menyebabkan peningkatan trigliserida darah yang berisiko memicu penyakit jantung. (dilansir dari khasiatmanfaat.com)

Begitu juga dengan buah pisang, dipercaya dapat menjaga kesehatan pada jantung. Buah pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan buah ini dapat meringankan rasa sakit. Terlebih jika buah ini dikonsumsi secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit stroke sebesar 40 persen.

Baca Juga : Cintai Ususmu dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang bermanfaat dalam membantu mengatur keseimbangan cairan. Sehingga tekanan darah pada tubuh akan stabil.

Itulah kenapa dua buah diatas ampuh untuk penyakit jantung. Buat kamu yang memiliki penyakit jantung, semoga cepat sembuh. Dan, semoga menjadi penetahuan buat kalian.

COMMENTS