Inilah Cara Paling Jitu Cepat Lulus Kuliah dalam Waktu 3,5 Tahun

Inilah Cara Paling Jitu Cepat Lulus Kuliah dalam Waktu 3,5 Tahun

Namanya saja kuliah (kuli payah ), ya tentu saja untuk menamatkannya butuh perjuangan yang ekstra keras dong ya. Karena jika tak bekerja keras, ada beragam tantangan yang cukup mengganjal waktumu. Salah satu tantangan terberat yaitu ketika menghadapi dosen killer, dan program skripsi yang sulit bukan main. Kadang durasi normal lulus kuliah 4 tahun bisa “molor” hingga 7 tahun lamanya.

Tapi di luar itu, ada juga mahasiswa yang berhasil menamatkan kuliahnya hanya selama 3,5 tahunan saja. Bagi mahasiswa yang bisa lulus selama 3,5 tahun tentu sebuah prestasi tersendiri karena bisa lulus cepat. Apalagi para mahasiswa yang lulus cepat sering kali menjadi incaran favorit oleh calon mertua. Wah, kapan lagi nih bisa menjadi mahasiswa yang bisa lulus cepat.

lulus kuliah

lulus kuliah s1

Nah bagi sobat Hipmee yang ingin cepat lulus kuliah, ada baiknya sobat mengikuti tips-tips berikut ini agar kamu bisa cepat lulus kuliah.. Dijamin hasilnya tokcer deh.

Ambilah SKS Sebanyak-Banyaknya, Tapi Harus Tekun

Semakin banyak mengambil bobot SKS maka potensi 3,5 tahun waktu tempuh lulus akan semakin cepat. Hannya saja kalian perlu tekun dalam mengerjakan tugas-tugas yang sama-sama juga akan banyak di bebankan. Sobat Hipmee juga perlu tahu, mana yang termasuk mata kuliah pilihan, dan mana yang mata kuliah wajib. Jangan sampai mata kuliah pilihan diambil sebanyak-banyaknya tapi menihilkan mata kuliah wajib.

Kalau Mengerjakan Tugas Pakailah Referensi Buku Akademik, maupun Jurnal Jangan Sampai Copas.

Dosen itu suka sekali dengan pekerjaan tugas mahasiswa yang di dalam tugasnya mengambil kutipan dalam buku referensi, pendapat ahli, maupun jurnal-jurnal terkemuka di ScienceDirect, maupun Portal Garuda. Pengerjaan tugas yang membubuhkan referensi-referensi tersebut biasanya akan dinilai tinggi oleh dosen. Hanya saja sobat Hipmee perlu mengembangkan pemikiran kritis berdasarkan argumentasinya sendiri untuk melengkapi analisa-analisa tugas dari buku refrensi yang sudah diberikan. Sangat tidak direkomendasikan sekali jika sobat melakukan copas. Bisa-bisa tugasmu akan dinilai 0 oleh dosen.

Jadilah Ketua Kelas, atau Kordinator (PJ) Mata Kuliah.

Dosen itu akan memberikan nilai tinggi kepada mahasiswanya yang menjadi ketua kelas, atau menjadi kordinator salah satu mata kuliah. Makanya di perguruan tinggi ada istilah “ lo aktif, gue nilai tinggi.” Makanya sobat Hipmee perlu sekali menjadi ketua kelas, atau kordinator mata kuliah kalau ingin cepat-cepat lulus.

Rajin-Rajinlah Berangkat Kuliah, Jangan Sampai Malah Bolos

Kendati di kebanyakan perguruan tinggi memberlakukan kewajiban menghadiri kegiatan perkuliahan sebanyak 75%, yang artinya boleh tak berangkat sebanyak tiga kali per mata kuliah. Tapi alangkah baiknya sobat penuhi kehadiran sebanyak 100%. Karena banyak sekali dosen yang akan memberikan nilai A+ kepada para mahasiswa yang memenuhi kehadiran hingga 100%. Jadi kalau sobat ingin cepat lulus kuliah, boleh dicoba saran yang satu ini, pasti dijamin sangat tokcer.

COMMENTS