Go-Jek, Salah Satu Perusahaan Yang Mengubah Dunia

Go-Jek, Salah Satu Perusahaan Yang Mengubah Dunia

Kabar baik kali ini datang dari Perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi, “GO-JEK” pada awal September 2017 GO-JEK menempati peringkat ke-17, Dalam daftar Change The World  bersama sejumlah perusahaan-perusahaan kelas dunia seperti Apple yang menepmati peringkat-3, Unilever di peringkat-21, Microsoft pada peringkat-25. GO-JEK menjadi satu-satunya perusahaan asal Asia Tenggara yang masuk dalam daftar tersebut.

Dalam daftar Change The World tersebut, Fortune menyebutkan bahwa GO-JEK adalah startup asal Indonesia yang menyediakan layanan antar sesuai permintaan pengguna nya, mulai dari ojek, makanan, hingga soal kecantikan dan kesehatan.

Daftar “Change the World” ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan dampak sosial yang positif melalui strategi bisnis utamanya. Situs resmi Fortune menyebut bahwa daftar diprioritaskan kepada perusahaan dengan pendapatan tahunan di atas USD 1 miliar. “Kami fokus pada perusahaan yang sukses dengan niat baik menyelesaikan berbagai permasalahan sosial. Ada ribuan perusahaan yang masuk dalam penilaian kami, datang dari berbagai belahan dunia,” ujar Matthew Heimer, Features Editor Fortune dalam video resmi Change the World. “Beberapa nama dalam daftar yang terpilih ini sudah banyak dikenal, namun kami juga menyorot berbagai perusahaan yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, namun mampu membantu mengatasi masalah sosial dan tantangan lainnya,” tambahnya.

Daftar “Change the World” ini dibuat dengan sangat hati-hati. Tahap awal penelitian kandidat perusahaan untuk masuk dalam daftar dilakukan bekerja sama dengan berbagai pihak independen antara lain FSG, sebuah firma konsultasi nirlaba yang fokus pada dampak sosial; Shared Value Initiative, platform global untuk institusi yang mencari solusi bisnis atas tantangan sosial; dan dengan Professor Michael E. Porter dari Harvard Business School. Terdapat tiga penilaian dalam memilih perusahaan dalam daftar tersebut. Penilaian paling utama dalah berdasarkan dampak sosial yang terukur. Penilaian lainnya adalah berdasarkan pada nilai bisnis perusahaan dan tingkat inovasi – sehingga mampu membuat perusahaan lain mengikuti dalam melakukan dampak sosial yang sama.

“Kategori penilaian tersebut sesuai dengan pilar utama GO-JEK yaitu Social Impact, Speed, dan Innovation. Kami berharap untuk dapat terus menginspirasi Karya-Karya Anak Bangsa Indonesia lain untuk memperhatikan berbagai tantangan sosial di Indonesia dan menghadirkan solusi yang berbasis pada inovasi dan teknologi,” ujar Nadiem. Selain masuk dalam daftar “Change the World” dari Fortune, GO-JEK juga baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai Top 10 Most Powerful Brand in Indonesia pada acara Brand Asia 2017. Dalam penghargaan yang diberikan oleh MarkPlus, Inc bekerjasama dengan Nikkei BP Consulting tersebut, GO-JEK juga dinobatkan sebagai Top 3 Brand Performer dan Top 3 Most Powerful Transportation/Logistic Brands. Sebelumnya, GO-JEK juga mendapatkan penghargaan dalam Bank Indonesia Awards sebagai Perusahaan Fintech Teraktif Pendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Inklusi dan Edukasi Keuangan serta Pemberdayaan UMKM.

COMMENTS