Fakta Bahwa Media Sosial Telah Mengubah Dunia

Fakta Bahwa Media Sosial Telah Mengubah Dunia

Menurut data yang kami peroleh dari We Are Social, 3,7 dari 7,4 Miliar penduduk bumi telah terhubung dengan internet. Dari jumlah pengguna internet tersebut, miliaran orang yang mengakses media sosial di setiap hari nya. Jumlah ini dilaporkan akan meningkat.

Pada tahun 2018, diperkirakan jumlah pengguna media sosial akan mencapai 2,44 miliar. Data ini sama seperti yang dikutip oleh Tekno Liputan6.com  Senin (04/09/2017).

Seperti yang kita tahu sosial media telah digunakan untuk kehidupan kita, seperti menghubungkan kita dengan orang lain, mencari hiburan, tetap terkoneksi dengan komunitas, rekan-rekan kerja. dan teman-teman lama.

Penggunaan media sosial tidak hanya menghubungkan kita untuk tetap terhubung dengan teman atau saudara kita, tetapi juga mengubah orang dalam menjalankan bisnis nya, mengubah cara komunikasi dengan pemerintah, dan mengubah kehidupan orang sekalipun.

Berikut adalah pengamatan dan prediksi dari para Dewan bahwa Medsos telah mengubah dunia:

1. Media Sosial “Wajib” Dimiliki

Sosial media sekarang tampaknya sudah menjadi kebutuhan yang wajib dimiliki. Menurut Claire Wardle, dalam tujuh tahun terakhir, media sosial telah mengubah banyak hal. Misalnya, media sosial digunakan untuk pemasaran atau komunikasi digital layanan pelanggan.
Ini terbukti di berbagai industri yang telah menggunakan medsos untuk tujuan bisnis. Oleh karena itu, kami rasa media sosial adalah sesuatu yang wajib untuk dimiliki.

2. Sebagai Bantuan Untuk Layanan Kesehatan

Di bidang kesehatan medea sosial juga sangan perperan penting. Misalnya, penyuluhan kesehatan masyarakat dapat dilakukan melalui medsos atau konsultasi dengan dokter dapat dilakukan dari Skype.
Medsos juga dapat membantu pasien tetap terhubung dengan orang-orang yang bisa menjawab pertanyaan mereka tentang kesehatan. “Sosial media telah melakukan dengan baik dalam masalah kesehatan masyarakat, terutama untuk berbagi informasi yang lebih cepat,” kata Lee Aase dari Mayo Clinic Center dan Media Social Network.

Namun, media sosial juga bisa menjadi hal yang buruk. Misalnya ketika informasi yang di sebar luaskan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, lembaga kesehatan perlu membuat rencana untuk merespon dan mengatasi jika ada informasi yang kurang akurat tentang kesehatan, khususnya melalui media sosial.

3. Sebagai Landasan Komunikasi Perbankan

Media sosial juga menjadi platform komunikasi yang digunakan oleh perbankan. Sama seperti di atas, media sosial mengubah cara kita untuk berkomunikasi di dunia perbankan. Mulai dari layanan pelanggan meningkatkan untuk memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang melalui platform secara online.

Tidak hanya itu, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang keuangan seperti paypal, juga menggunakan medsos untuk memperluas pasaran agar orang orang dapat lebih mudah membuat akun rekening. Dengan media sosial juga dapat membantu seseorang untuk lebih mudah mendapatkan pinjaman.

4. Sebagai Jembatan Pemerintah dengan Rakyat

Partisipasi dan keterlibatan warga sipil di media sosial telah menjadi sumber ide, rencana, dan inisiatif pemerintahan. Medsos juga, dugunakan oleh pemimpin daerah untuk berkomunikasi dengan warga nya. Selain itu, juga membuat pemerintah lebih transparan.
Bahkan, sekarang ada platform yang diciptakan khusus untuk memberikan masukan atau laporan langsung kepada pemerintah daerah, Salah satunya aplikasi Sakpole untuk memudahkan pembayaran pajak warga Jawa Tengah

5. Medsos Fasilitasi Masyarakat Menanggapi Bencana

Media sosial juga telah memfasilitasi masyarakat untuk menanggapi bencana. Ini adalah salah satu fitur yang ada di media sosial. Seperti Siaran Langsung di Facebook. Dengan fitur ini, pengguna yang ada di sekitar daerah bencana dapat saling menceritakan kondisi mereka.

Selain itu, berbagai platform media sosial lainnya juga menjadi jembatan komunikasi selama bencana terjadi, termasuk saluran komunikasi untuk memberikan bantuan.

COMMENTS

WORDPRESS: 1
  • comment-avatar
    Dzikri 2 weeks

    nice info gan.. bener” sosmed mengubah dunia