Cintai Ususmu dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

Cintai Ususmu dengan Rutin Mengkonsumsi Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang termasuk dalam kubis-kubisan. Pada perkembangannya tanaman berwarna hijau ini baru-baru saja masuk di Indonesia dan kira semakin populer, terlebih manfaat yang didapat khusus mereka yang sedang menjalani program diet sangat bermanfaat.

Sekilas tanaman brokoli terlihat seperti layaknya phon kecil dengan daun yang rimbun, kurang lebih seperti tanaman kembang kol. Tanaman ini berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah lama dibudidayakan. Selain itu brokoli juga sering dicampur dalam pembuatan makanan, biasanya sayuran.

Dengan mengkonsumsi tiga setengah cangkir sayuran berserat kaya nutrisini. Menurut sebuah studi dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin, maka akan beranfaat untuk kesehatan usus. Studi dalam journal of Functional Foods menunjukan penghalang usus berfungsi baik, artinya saluran gastrointestinal dapat melindungi usus dari racun dan mikroorganisme berbahaya.

Tanaman brokoli mengandung banyak manfaat, terutama kandungan vitaminnya. Dalam brokoli mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K, terdapat juga antioksidan. Selain itu terdapat kalsiun, zat besi dan kalori.

Kandungan gizi yang ada di tanaman brokoli dapat memberikan dampat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari ibu hamil, anak-anak dan manusia pada umumnya. Selain itu dengan mengkonsumsi brokoli dapat mengontrol kolesterol.

Karena serat yang terdapat pada tanaman brokoli ini dapat berguna untuk mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini baik juga untuk kesehatan jantung. Dengan cara dimasak di rebus, brokoli mampu menghindari pemakaian minyak goreng.

Dengan mengkonsumsi brokoli juga sangat baik untuk menjaga sistem perncernaan pada tubuh. Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli mampu menekan resiko gangguan pencernaan seperti infeksi pada lambung, dan penyakit maag. Dalam dunia kedokteran, kuman merupakan penyebab utama luka dan kanker lambung. Dengan cara mengkonsumsi brokoli akan mencegah datangnya penyakit.

Sulforaphane dalam tanaman brokoli ini mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berfungsi untuk menggandeng bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan dapat mengeluarkan dari sel.

Tanaman bervitamin A, B, C dan K ini sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imum pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

Bahkan bisa juga mengontrol tekanan darah pada tubuh. Kandungan potasium yang ada pada tanaman brokolo sangat penting untuk mengontrol tekanan darah. Selain manfaat diatas, brokoli juga merupakan sumber sera sayuran hijau yang sangat tinggi.

Perlu kamu ketahui juga, untuk memperoleh khasiat dalam borkoli baiknya kamu lakukan tips berikut ini agar khasiatnya maksimal. Diantaranya usahakan jika kamu memasak tanaman brokoli ini jangan terlalu lama, jangan digoreng dengan minyak, dan jangan di simpan dalam kulkas dalam jangka waktu yang panjang.

Baca : Apa Saja Sih Kelebihan Buah Sirsak Jika Dijadikan Jus?

Buat kamu yang tidak suka brokoli, mulailah suka dan cintai sayur-sayuran, terbukti manfaatnya sangat banyak. Terlebih untuk kesehatan usus, jantung dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

COMMENTS