Berikut Dampak Buruk Akibat Makan Larut Malam

Berikut Dampak Buruk Akibat Makan Larut Malam

Makan merupakan kegiatan memasukan makanan atau sesuatu ke dalam mulut untuk menyediakan nutrisi pada tubuh. Dengan makan, kita akan mendapatkan energi tambahan. Jadwal makan pada umumnya biasanya pagi hari atau biasa disebut dengan sarapan, siang, sore dan malam. Tapi malam juga ada jamnya. Makan larut malam juga kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Kebiasaan makan larut malam ternyata berdampak bahaya juga, dan berbeda banget dengan makan disiang hari. Meskipun makanan yang dimakan itu sama, hanya waktunya yang berbeda. Disaat siang mengkonsumsi makanan berkalori itu akan memberikan energi tambahan, dan meningkatkan kesehatan.

Tapi, jika makanan berkalori ini dimakan larut malam, lain lagi manfaatnya, bahkan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Apa saja sih, dampak buruk makan larut malam? Berikut ulasannya!

Berat Badan
Makan makanan berkalori pada larut malam berpengaruh sama berat badan, walaupun itu tidak terjadi secara langsung. Biasanya orang itu lebih memilih makanan ringan, seperti halnya roti, atau sekedar minuman ringan. Apalagi bisa sembari nemenin nugas sembari bergadang. Gak sadar berapa banyak makanan yang masuk pada tubuh.

Padahal makanan seperti itulah yang tidak membuat kenyang pada perut, padat berkalori sudah jelas, namun rendah akan nutrisi. Dengan sering tentu berat badan kamu akan bertabah.

Kualitas Tidur
Selain dampak diatas, dengan makan larut malam juga berakibat pada kualitas tidur. Terutama jika kamu mengkonsumsi makanan seperti coklat, atau minuman berupa kopi, cafein dan yang lainnya. Hal ini akan membuat kamu pusing disaat siang harinya. Sebaiknya hindari.

Sebagai gantinya menurut Dr. Timothy Morgenthaler merekomendasikan camlian sehat seperti susu rendah lemak, dan camilan lainnya yang rendak akan lemak juga. Hindari juga makanan berporsi besar.

Acid Reflux
Acid Reflux merupakan kondisi umum dimana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah selesai makan. Kondisi ini bisanya disertai dengan rasa mulas pada perut, dan nyeri seperti terbakar pada bagian tengah dada.

Selain itu makan larut malam mungkin juga merupakan depresi yang berkaitan dengan kondisi yang disebut Nighttime Eating Syndrome (NES atau sindrom makan malam hari). Orang yang seperti ini sebagian besarnya membutuhkan kalori diatas jam 6 sore. Orang yang mengalami sindrom makan malam hari ini cenderung kebanyakan mengalami depresi karena ketidakseimbangan hormon.

Makan larut malam bisa membuat diabetes tipe 2, sebab gula dan insulin mengalami kesulitan berinteraksi satu sama lain. Sebaiknya kamu hindari dan jangan gantikan jam makan malam normal.

Itulah dampak buruk akibat dari makan larut malam. Sebaiknya hindari, dan makan disaat sore saja malah lebih baik. Malam lebih baik digunakan untuk istirahat. Atur pola makan kamu, maka tubuh pun akan mengikut sehat. Semoga bermanfaat.

COMMENTS