3 Aplikasi Untuk Bersih-Bersih Memori Android Agar Tidak Sesak

3 Aplikasi Untuk Bersih-Bersih Memori Android Agar Tidak Sesak

Cache dan storage dari file-file yang tak terpakai sering menjadi salah satu penyebab memori Andorid penuh sesak. Jika sudah demikian maka smartphone akan jadi lamban kerjanya. Solusinya adalah dengan membersihkan memori dari cache dan file yang tak terpakai. Nah, ada 3 aplikasi untuk membersihkan memori android yang bisa kamu pilih salah satunya.

Memang di Google Play sudah ada banyak aplikasi yang katanya bisa membersihkan memori Android agar kinerjanya meningkat. Namun sayangnya banyak pula yang tidak ampuh atau benar-benar membutuhkan. Nah, di antara sekian banyak aplikasi itu ada 3 di antaranya yang paling bagus untuk membersihkan memori android dari file yang tak terpakai.

Akibat dari memori yang penuh memang beragam. Namun yang jelas membuat kinerja smartphone jadi menurun. Efek yang terjadi bisa beragam. Mulai dari aplikasi yang macet, baterai jadi boros, ponsel jadi lemot, gagak update aplikasi hingga ponsel yang jadi panas. Nah, pakai saja salah satu dari 3 aplikasi pembersih memori android berikut ini:

1. Files Go (Beta)

Aplikasi ini persembahan dari Google. Merupakan aplikasi yang fungsi dasarnya adalah sebagai file manager. Namun nyatanya aplikasi buatan Google ini tak hanya untuk urusan mengatur file. aplikasi Filse Go punya fungsi tambahan untuk membersihkan

Setelah sekian lama, Google resmi memperkenalkan aplikasi file manager buatannya sendiri yang bisa kamu unduh langsung di Play Store. Meskipun fungsi dasarnya adalah untuk mengatur file, namun aplikasi ini punya kemampuan untuk bersih-bersih cache dan storage perangkat Androidmu.

Cara kerjanya, aplikasi ini akan memberi saran kepadamu aplikasi mana saja yang jarang terpakai ataupun nggak perlu, dan sebaiknya di-uninstall agar androidmu lebih ringan kerjanya. Hebatnya lagi, hanya dengan aplikasi ini kamu bisa mentransfer file tanpa melalui jaringan internet dengan cepat dan mudah. Mirip-mirip cara kerja AirDroid dan ShareIt.

2. CCleaner

Aplikasi untuk bersih-bersih Android selanjutnya adalah versi baru dari CC Cleaner. Aplikasi yang sudah sangat familiar bagi pengguna PC dan nootebook ini hadir untuk platform android. Nah, kali ini pengembangnya, Pririform meluncurkan aplikasi CC Cleaner versi Android.

Fungsi dan cara kerjanya tak jauh beda adri CC Cleaner di komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membersihkan cache dan memperluas ruangan memori dengan membersihkan file yang tak terpakai. Hanya sayang sekali aplikasi ini berbayar untuk mendapatkan semua fiturnya.

3. SD Maid

Ketika sebuah aplikasi di-install ke dalam smartphone, maka otomatis ia akan membuat folder di local storage untuk menampung data dan file unduhan. Sayangnya, saat aplikasi ini dilepas (uninstall) masih akan meninggalkan folder kosong. Jadinya seperti sampah. Di sinilah kegunaan dari SD Maid. Aplikasi ini akan mendeteksi folder-folder kosong peninggalan aplikasi yang dibuang, dan ia akan membersihkannya.

SD Maid juga mampu menandai aplikasi sistem, aplikasi yang terinstall sampai pada database yang tak terpakai dan layak dihapus agar android lebih ringan kerjanya. Juga mampu mengenali file yang terduplikasi sehingga memenuhi storage. Versi berbayar dari aplikasi ini menjanjikan berbagai fitur tambahan yang menggiurkan.

Nah, dengan 3 aplikasi untuk membersihkan memori android tersebut, kamu bisa merasakan hasilnya. Kalau nggak mau mahal-mahal bayar ya pilih yang free version saja.

COMMENTS