Apa Saja Sih Persiapan Untuk Nikah Muda? Berikut Ulasannya!

Apa Saja Sih Persiapan Untuk Nikah Muda? Berikut Ulasannya!

Menikah merupakan upacara pengikat janji suci yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, hukum, dan norma sosial. Menikah itu perlu persiapan yang matang. Terlebih bagi mereka yang ingin nikah muda.

Baca : 5 Alasan Kenapa Menikah di Usia Muda Lebih Baik

Gak semua orang berani nikah di usia muda. Hanya mereka yang berani saja. Tapi itu semua gak semudah seperti halnya membalikkan telapak tangan. Semuanya harus ada persiapan. Khususnya bagaimana kesiapan keduanya mengenai pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Kan nggak asik kalau sudah menikah tapi tetap minta uang sama orangtua.

Meskipun orang tua masih bisa membiayai pernikahan kamu, sebaiknya di pikirkan kembali. Kamu harus baca beberapa hal penting dalam persiapan menikah muda. Berikut ulasannya!

Sandang, Pangan & Papan
Sebelum masuk ke hari H pernikahan, kamu perlu mempersiapan kebutuhan sandang dan pangan. Misalnya kamu dan calon pasanganmu sama-sama memiliki penghasilan dari kerja. Nah, gaji kalian bisa dibagi untuk kebutuhan setelah menikah.

Gaji rata-rata setiap kota tertentu tak sama. Maka dari itu kamu harus pintar membaginya untuk kebutuhan setelah menikah nanti. Harus rinci setiap pengenluaran dan pemasukan. Jika perlu buatlah catatan khusus untuk pengeluaran kamu.

Kemudian untuk papan, hal ini membuat pusing bagi mereka yang ingin menikah. Bagi yang sudah mampu memiliki rumah tentu hal ini tak jadi masalah. Terlebih bagi kamu yang sudah memiliki rumah sebelum menikah. Tapi jika itu belum, itu tak jadi masalah. Kamu bisa ngontrak misalnya.

Mental
Mengambil keputusan untuk nikah muda tentu butuh persiapan yang matang, bukan semata-mata mengikuti tren, menikah di usia muda itu bukan perkara mudah, apalagi bisa dipustuskan dalam waktu yang cepat. Terkadang dari pertimbangan umur, emosi yang belum stabil harus kamu perhatikan.

Selain finansial, mental juga perlu dipersiapkan. Jadi gak cuma finalsial semata. Misalnya saja disaat terjadi masalah, jika mentalnya belum kuat bisa jadi berakhir pada hal yang tidak baik. Hal itu jangan sampai terjadi. Makannya itu persiapan mental sangat penting bagi kamu yang hendak akan menikah muda.

Jadi jika persiapan mentalnya sudah kuat, tentu dengan masalah dalam hubungan kurang baik, kamu dan pasangan tentu bisa menanganinya dengan baik. Terlebih jika keadaan uang sedang kurang baik. Ini juga bisa disikapi baik jika mental kamu dan pasangan kuat.

Komunikasi
Tak sedikit pasangan rumah tangga yang rusak diakibatkan karena komunikasi. Seharmonis apapun sebuah hubungan kalau kurangnya komunikasi itu tidak baik. Justru dengan komunikasi itu penting. Misalnya disaat terjadi konflik. Hal ini jangan sampai dihiraukan begitu saja untuk menanganinya.

Justru kamu harus menyelesaikan, bicarakan baik-baik. Supaya solusinya ada. Jika tidak seperti itu malah bisa bertambah terus masalah yang ada. Begitu juga dengan hal kejujuran. Dengan jujurlah komunikasi akan tertapi berjalan dengan baik.

Doa
Jika persiapan diatas sudah terpenuhi, jangan sampai lupa point terakhir ini yaitu berdoa. Usahanya sudah dilakukan, jangan sampai doanya ditinggalkan. Untuk suatu hubungan rumah tangga tetap baik, kamu harus melibatkan Tuhan didalamnya. Mau bagaimanapun juga setan akan terus ada untuk menggoda manusia. Maka dari itu mintalah perlindungan kepada-Nya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapan. Semoga menjadi dapat membantu. Dan, semoga bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0