Apa Saja Rahasia yang ada di Balik Mentimun dan Buah Kurma?

Apa Saja Rahasia yang ada di Balik Mentimun dan Buah Kurma?

Buah metimun atau sering disebut juga dengan buah timun yang banyak mengandung air ini, biasanya dijadikan sebagai lalapan di Indonesia atau sebagai masker untuk melembabkan wajah, tapi apakah kalian tahu ada banyak manfaat lain dibalik buah yang berwarna hijau dan panjang tersebut? Begitu juga dengan Buah Kurma yang menjadi makanan pokok di Timur Tengah, buah coklat gelap yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak manfaat pula.

Bagaimana jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, apakah manfaatnya bertambah banyak atau sebaliknya? Mari kita simak bersama.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, bagaimana Aisyah menjaga bentuk tubuh ideal? Aisyah Radhiyaallahu ‘anhu berkata, “Aku memakan mentimun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (HR Ibnu Majah).  Timun dan kurma ternyata bisa menaikan berat badan secara ideal, apabila dikonsumsi secara teratur.

Lalu bagaimana cara menyajikannya? Tidak lah susah untuk mengkonsumsinya, cukup dimakan langsung atau blander 2 buah mentimun ukuran sedang dengan 5 buah kurma yang sudah diambil dagingnya sampai menjadi jus dan siap untuk diminum.

Sebaiknya dikonsumsi di pagi hari sebelum sarapan, agar zat gizi dan non gizi yang terdapat didalamnya bisa dapat diserap langsung oleh tubuh.  Akan lebih baik lagi apabila dibarengi dengan olahraga ringan secara rutin, seperti berenang dan senam.

Berapa banyak kandungan gizi pada Timun dan Kurma? 

Mentimun banyak mengandung air yang tinggi 0,1% lemak, dan 2,2% karbohidrat, 0,65% protein. Selain itu, juga mengandung zat bermanfaat lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin E, vitamin K dan vitamin C.  Mentimun besifat diuretik ringan, karena banyak air, dan juga mengandung kalium namun rendah natrium. Hal ini membantu menjaga berat badan, menjaga tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan gizi pada kurma sangatlah banyak, karbohitrat yang tinggi, protein dan memilki setidaknya 15 mineral didalamnya. Jumlah mineral yang paling besar adalah kalium dan magnesium. Besarnya kandungan mineral yang terdapat pada kurma ternyata berguna guna untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis.  Lengkap juga dengan vitamin A, Vitamin B1, B2, B12, Vitamin C, Vitamin D. Kurma juga kaya akan gula alami seperti glukosa,  fruktosa, dan sukrosa yang dapat meningkatkan energi. Kurma juga sebagai salah satu buah pencegah anemia.

Karena sama-sama mengandung kalsium yang tinggi keduanya juga baik dikonsumsi oleh orang yang memiiki penyakit rematik.

Baca JugaApa Saja Kandungan Yang Terdapat dalam Buah Rambutan?

Tanpa kita sadari mentimun yang hanya menjadi makanan pendamping dan si manis kurma, ternyata banyak sekali kandungan gizinya, maka dari itu disarankan untuk mengkonsumsi keduanya secara teratur dan tidak berlebihan. Karena akan baik untuk kesehatan kita, dan tentunya memberikan banyak manfaat dalam tubuh kita.

COMMENTS

WORDPRESS: 0