5 Alasan Kenapa  Menikah di Usia Muda Lebih Baik

5 Alasan Kenapa Menikah di Usia Muda Lebih Baik

Menikah, merupakan momen sangat penting nan istimewa yang terjadi pada diri manusia. Setiap orang tentu menginginkan menikah, bukan hanya menikah di usia muda. Dengan menikah sesuatu yang dulu dilarang akhirnya bisa terpenuhi, bahkan bernilai ibadah.

Menikah bukanlah hal yang biasa, karena dalam pernikahan akan ada yang namanya tanggung jawab besar. Ketika ijab qabul pernikahan telah diselenggarakan sesuai rukun dan syaratnya, maka disitulah seorang laki-laki telah mengambil alih tanggung jawab besar seorang anak perempuan dari ayahnya. Berikut 5 alasan kenapa lebih baik menikah di usia muda:

1. Menikah Muda Itu Lebih Terjaga Dari Dosa

Di jaman sekarang ini, banyak sekali anak remaja berkeliaran di jalan, alun-alun, cafe, terlebih disaat malam minggu. Mereka semua berpasang-pasangan. Namun, banyak diantara mereka masih pacaran, alias belum halal.

Sudah jelas berujung dosa. Dengan menikah muda salah satunya bisa mencegah terjadinya dosa, pergaulan bebas yang pada akhirnya menyebabkan penyakit berbahaya.

2. Menikah Muda Itu Romantis

Menikah merupakan bukti cinta sejati. Bukan obral janji seperti mereka yang sering janji ini, itu, tapi tak kunjung ada kepastian. Ada yang merasa?

Perlu kalian semua ketahui, orang yang mengucapkan cinta, setidaknya dia berani untuk bertindak dari ucapannya, misalnya dengan melamar. Jangan sampe kalian (baca : perempuan) tergoda dengan bunga, coklat ataupun puisi.

Kalau pada akhirnya tidak ada kepastian. Orang yang berani mengambil langkah untuk menikah muda berarti mereka romantis. Seperti pada Hadits dari Ibu majah:

“Tidak ada romantisme yang lebih indah bagi dua orang yang saling mencintai selian menikah.” (Ibnu Majah, Ibnu Abi Syaibah, Baihaqi dan dishahihkah oleh Albani)

3. Mengejar Impian Bersama

Dengan menikah Allah akan bukakan pintu rezekinya. Menikah muda membuat kamu dan pasangan memiliki semangat lebih untuk mengejar impian. Tidak hanya itu saja, kamu dan pasangan akan saling memberikan dukungan nyata.

Dengan menikah muda kamu juga lebih bisa meraih kesuksesan. Sebagian orang banyak yang menunda menikah dengan alasan kerjaan, belum mapan dan lain sebagainya. Padahal disaat seseorang telah menikah, mereka akan menjadi lebih tenang, dan stabil emosinya. Sehingga bisa lebih fokus dalam meniti karir. Terbukti banyak orang yang sukses di usian 40-an adalah mereka yang menikah di usia muda.

4. Dengan Menikah Muda, Kamu Bisa Belajar Kedewasaan

Pasangan nikah di usia muda biasanya lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, keluarga pasangan atau tempat tinggal di lingkungan baru dengan cara ngontrak rumah misalnya.

Selain itu, kamu dan pasangan juga lebih bisa menjadi dewasa, dan bertanggung jawab. Terlebih kalau kalian sudah punya momongan. Karena hidup dengan orang yang kita cintai merupakan proses hidup yang menyenangkan.

5. Dengan Menikah Muda Kamu Bisa Menjaga Kesucian

Di zaman yang sekarang ini sudah tak asing lagi dengan maraknya perzinahan, seks bebas dimana-mana. Lantas, apakah kita harus mengikuti perkembangan zaman seperti itu?

Sungguh, kita harus punya iman yang kuat, agar tidak ikut terjerumus dalam hal yang semacam itu. Allah Swt telah memberikan solusinya bagi dua orang yang ingin memenuhi kebutuhan seksualnya, yaitu dengan cara menikah.

Dengan menikah, potensi untuk melakukan maksiat akan berkurang. Malahan tingkat ketakwaan kita harus ditingkatkan setelah menikah, karena secara tidak langsung dengan menikah kamu sudah menyempurnakan separuh agama.

Baca Juga : Kenyataan Tentang Pernikahan Yang Mesti Kamu Tau

“Siapa saja menikah, maka ia telah melengkapi separuh dari agamanya. Hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi” (Thabarani dan Hakim)

Itulah ke-5 alasan kenapa lebih baik menikah di usia muda. Buat kamu yang sudah benar-benar matang dan siap. Ingat, bagi yang sudah siap lho ya, tidak ada salahnya untuk mengajak pasanganmu ke jenjang yang lebih tinggi. Yaitu, dengan menikah. Semoga bermanfaat.

COMMENTS

WORDPRESS: 0