free hit counter javascript

Mau Jadi Blogger Sukses? Miliki 6 Keahlian Dasar Ini

Mau Jadi Blogger Sukses? Miliki 6 Keahlian Dasar Ini

Seiring makin mudahnya akses internet masyarakat mulai mengenal istilah blogger. Secara umum dipahami sebagai orang yang menekuni membuat dan memelihara blog-blog berisi konten-konten untuk keperluan para pencari informasi. Meskipun aslinya blogger adalah nama platform blog yang kini dikuasai Google. Banyak sudah bukti-bukti blogger yang sukses dan memiliki penghasilan fantastis. Sehingga banyaklah anak muda tertarik menekuni dunia blogger. Nah, kalau ingin sukses, bukan hanya punya blog maka ini 6 rahasia keahlian paling dasar untuk menjadi blogger.

1. Kemampuan Menyimak Informasi

Menjadi blogger tak lepas dari kemampuan menulis artikel. Nah, untuk menulis artikel yang baik dan menarik maka kamu harus mampu menyimak dan memperhatikan informasi. Karena yang dicari orang adalah informasi terkini ataupun hal yang penting, maka informasi dari internet ataupun dari bahan bacaan harus kamu pahami sebelum kamu sampaikan ulang dengan tulisan dalam blog.

Hasil dari menyimak akan mempermudah untuk membuat artikel jenis konten sindikasi, yaitu penggabungan berbagai informasi dalam bentuk baru. Artikel ini biasanya menjadi unik 100 %. Beda halnya dengna artikel copas/saltem maupun artikel hasil tool spinner.

2. Mampu Meringkas Informasi

Kemampuan dasar selanjutnya yang wajib kamu punyai atau pelajari adalah meringkas informasi. Dengan teknik ini maka kamu bisa menyuguhkan informasi dengan lebih singkat dan padat tanpa mengurangi inti dari informasi itu sendiri.

Bayangkan jika sumber artikelmu adalah sebuah buku. Kalau pengunjung blogmu harus disuguhi informasi untuh satu bab, tentu mereka tak akan membaca artikelmu. Karena karakter pengguna internet lebih suka artikel atau informasi yang singkat dan padat. Bahkan banyak yang tersesat dengan judul-judul jebakan.

3. Mampu Menciptakan Komunikasi Lewat Tulisan dan Tanggapan

Selanjutnya masih berkaitan dengan tulisan. Kamu perlu menghasilkan tulisan yang interaktif dan seolah berbincang dengan pengunjung. Selain itu komunikasi juga dibangun lewat tanggapan terhadap komentar di blogmu. Tanggapi komentar dari pengunjung dengan baik sehingga mereka merasa nyaman.

Tetapi ada saatnya kamu harus tegas ketika ada pengunjung yang niatnya hanya sebar link. Dalam istilah blogger disebut dengan spammer alias tukang nyampah. Mereka meninggalkan sampah berupa tautan ke blog mereka namun tidak relevan atau berupa promosi produk kurang sopan.

4. Kreatif Menghasilkan Tulisan

Nah, kombinasi antara kemampuan menyimak, meringkas dan menulis artikel yang komunikatif harus disempurnakan dengan daya kreatifmu. Sebab dengan kreatifitas kamu akan menampilkan sesuatu yang baru dan beda. Jadi kembangkan kemampuan menulismu dengan daya pikir kreatif agar pembaca merasa menemukan sesuatu yang baru ataupun yang beda.

5. Kemampuan Coding Secukupnya

Dikatakan secukupnya karena kamu nggak perlu menguasai kode-kode secara sempurna. Malah nggak jadi blogger tapi progammer nantinya. Tidak perlu sampai mendalam soal HTML, Java Script, CSS, SQL, PHP maupun bahasa pemograman lainnya.

Kamu hanya butuh bisa meletakkan kode pada tempatnya, menyesuaikan template blogmu agar lebih pas, dan berbagai kode paling dasar. Terutama jika kalian menggunakan Blogspot, maka kemampuan dasar coding ini penting. Beda halnya jika di platform Worpress di mana berbagai fitur biasanya sudah tersedia caranya tanpa harus mengutak-atik kode.

6. Kemampuan SEO

Nah, lima kemampuan di atas adalah hal yang harus Anda kuasai untuk menyajikan informasi kepada pengunjung. Karena kita mereka mencari informasi menggunakan mesin pencari/browser, maka kamu butuh kemampuan khusus agar artikel dan blogmu mengundang mesin pencari menampilkan artikelmu di halaman terdepan. Hal ini terkait juga dengan lakunya iklan yang terpasang di blogmu nantinya. Dari situlah blog akan menghasilkan uang untukmu.

Search Engine Optimization (SEO) secara mudahnya adalah tindakan atau aktifitas khusus terhadap situs web atau suatu halaman web agar situs web atau halaman tersebut bisa muncul di pencarian halaman pertama. Kenapa harus halaman pertama, karena perngguna internet cenderung mencari informasi hanya di halaman pertama. Jadi blogmu harus bersaing dengan ratusan, ribuan bahkan jutaan blog untuk berada di halaman pertama mesin pencari.

Sudah paham bukan kemampuan apa saja yang harus kamu miliki untuk menjadi blogger yang sukses? Nggak usah minder kalau belum seluruhnya. Yang penting tekad kuat dan kemauan belajar. Karena banyak juga blogger awalnya yang tidak mahir SEO, namun karena konten blognya bagus, mereka bisa berhasil.

COMMENTS

WORDPRESS: 0